Wisata Edukasi Terbesar berlokasi di Bandung : Bandung Champion City

by - Maret 27, 2019

          Hmm.. Kira - kira apasih yang terbesit dibenak kalian ketika baca judul diatas ? 
Wisata Edukasi seperti apa sih ? Terbesar dan lokasinya ada di Bandung ? Ada apaaja sih ? Kira-kira begitu ya beb ? hehe. 
          Sebelumnya aku mau cerita dikit pengalamanku ketika aku menjadi tester Psikologi yang melakukan penelitian pada anak-anak . Ceritanya aku sedang menggali informasi demografis anak - anak tersebut salah satu pertanyaanku pada mereka adalah "Coba, kakak boleh tau cita-cita kamu mau jadi apa ?" dan jawabannya sangat beragam seperti "dokter anak" "Ibu guru/Bpk guru" "Pilot" bahkan ada juga yang masih mengatakan yang belum realistis seperti "anak baik" "masuk surga" "superman/batman" "si boy" Hadeeeeeh dek .  
         Nah dari pengalamanku diatas, sedikit menyimpulkan bahwa masih banyak anak yang belum mengenali profesi apa saja yang ada. Faktornya beragam, bisa jadi memang kurangnya edukasi mengenai profesi atau bahkan karena banyaknya menonton tayangan televisi tanpa bimbingan orangtua sehingga mereka berfikir bahwa orang yang ada di televisi sebagai contoh ya misalnya tadi "si boy" pada tau kan film ini ? hehehe. Oke lanjut beb..
         Hal itu tiba-tiba melintas dikepalaku saat aku menghadiri Soft Opening Bandung Champion City pada tanggal 24 Maret 2019 kemarin yang berlokasi di Lucky Square Mall Bandung. Kira-kira apasih hubungannya pengalamanku sama Bandung Champion City ini?     

Bandung Champion City
         Jadi, Bandung Champion City (BCC) mengusung konsep kota metropolitan mini untuk anak-anak yang dirancang sistematis dan realistis serupa dengan tatanan dan struktur kota sebenarnya. Memiliki kurikulum yang terintegrasi dengan program pendidikan nasional “Belajar di Luar Kelas” sebagai laboratorium satuan pendidikan.
Bandung Champion City adalah theme park terbesar dengan konsep Indoor Edutainment terbesar dengan luas 10.000m2 dengan 77 wahana main dan 177 profesi yang bisa dimainkan anak nantinya. Maksud bermainya seperti apasih ? Nah, Konsep bermain sambil belajar di wahana Bandung Champion City ini sudah disesuaikan dengan kurikulum pendidikan Indonesia . Seperti :
  • Mengenalkan Peran Sosial dan Ekonomi sejak dini melalui kegiatan bermain peran profesi dan pekerjaan orang dewasa
  • Memiliki Kurikulum yang menjadi standar operasi wahana
  • Mentor terlatih & berpengalaman yang akan membimbing anak-anak dalam bermain
  • Menjadi Laboratorium Mata Pelajaran satuan pendidikan dasar dan usia dini
Gak cuma itu, jadi nanti disana ada juga Inovasi Deteksi Minat dan Bakat si Anak dengan adanya :
  • Rapor Bermain: Laporan Aktivitas Anak selama menikmati wahana-wahana Bandung Champion City yang diobservasi oleh mentor terlatih dan berpengalaman
  • Tim Psikolog Bandung Champion City: Konsultasi Rapor Bermain, Penelusuran Minat dan Karier Anak, Deteksi Bakat Anak, Konsultasi dan Edukasi Parenting  
          Dari penjelasan diatas , kebayang kan maksudku mengenai pengalaman menjadi tester tadi . Tentunya kita sebagai orang tua (walau aku belum menikah) tapi aku setuju banget kalau sebagai orang tua harus memperhatikan sekali cara bermain anak , fasilitas main apa saja sih supaya si daya imaginasi anak mengenai profesi yang real itu lebih jelas.  Pas banget kaan kemarin aku dateng ke Soft Opening Bandung Champion City ini beb. Bisa banget bawa anak-anak atau keponakan dll dateng kesini dan menikmati wahana bermain sambil belajar , menurutku ini gakan merugikan kita sama sekali loh. 

First Impression aku di Bandung Champion City

Dari segi lokasi, tentunya ini berbeda sih menurutku karena berada di lantai P8 Basement Mall Lucky Square tapi tenang aja ini sifatnya tidak sementara ya jadi sudah dirubah menjadi tempat yang nyaman sekali. Nanti kalian bisa jelasnya dibawah ya hehe.
Pertama Kali masuk kearena ini , dibuat amaze sama konsep si Bandung Champion City ini seperti diluar angkasa beb . Keren sih dari pintu masuk aja si bentuk pintu besi besar seperti tank gitudeh apasih hehe keren banget gitu depannya. Lalu, kita  diarahkan ke Lobby Pembelian Tiket Wahana Bandung Champion City ini.

Image Source by Instagram Bandung Champion City
Nah.. gimana sih caranya kita bisa main di wahana - wahana ini . Dengan membeli tiket BCC , nanti didalam ada satu wahana yaitu Bank kita menukarkan ticket dengan bentuk uang kota di BCC namanya "cicis" nah kita bisa pakai cicis kita untuk bermain diwahana tersebut .

Ticket beserta Jam pintar
Ticket ditukar dengan "cicis"
Tempat Penukaran Ticket menjadi cicis
















 Setiap wahana berbeda-beda harganya, dan gak cuma itu ada juga wahana yang malah sebaliknya , kita yang dibayar oleh wahana tersebut misal "polisi" jadi kita dibawa berpatroli dengan dipinjamkan baju polisinya setelah selesai patroli si anak diberi gaji . maksudnya adalah tadi , ini konsepnya mengajarkan si anak untuk mengenal profesi orang dewasa dan apabila ingin mendapat uang maka kita harus bekerja keras dulu gitu beb. Seru kannnn.  

Profesi Polisi , Anak dibawa berpatroli sekitar Bandung Champion City

Profesi TNI , Anak sedang belajar baris berbaris

Studio siaran , nanti anak diajarkan membawa acara

Penjelasan mengenai studio siaran
Wahana Sirkuit












Kantor Gubernur

Profesi Dokter

Profesi Pemadam Kebakaran
 Sedikit gambarannya seperti diatas ya beb , nanti bakal ada grand opening di 1 juni 2019 dengan perlengkapan lebih lengkap lagi beserta seragam-seragam profesi yng lainnya. 
Harga tiket Bandung Champion City
TIKET REGULER
Toddler: Rp100.000 / orang
♦ 2-3 Tahun
♦ Kuota 250
Anak-anak: Rp150.000 / orang
♦ 4-17 Tahun
♦ Kuota 1500
Dewasa: Rp100.000 / orang
♦ 18-60 Tahun
♦ Kuota 750

PAKET KELOMPOK Gold: Rp150.000 / orang
– Durasi Bermain 6 Jam
– Raport Bermain dan Konsultasi Psikologi

Platinum: Rp170.000 / orang
– Durasi Bermain 6 Jam
– Makan Siang
– Raport Bermain dan Konsultasi Psikologi

Titanium: Rp200.000 / orang
– Durasi Bermain 6 Jam
– Makan Siang
– Transportasi Antar Jemput*
– Raport Bermain dan Konsultasi Psikologi

For More Information
Bandung Champion City
Lucky Square Mall Lt 5 (P8)
Jl. Terusan Jakarta No. 2, Bandung
Telepon: (021) 3002 0929
E-mail: marketing.bcc@championcity.co.id
Instagram: @championcity_id

You May Also Like

0 comments

by BRAND